ASI Tersumbat? Berikut Sistem Mengatasinya

ASI yang tersumbat disebabkan oleh tak teraturnya jadwal menyusui atau ibu tak jarang melewatkan waktu menyusui, ASI yang tersumbat juga dapat dikarenakan Ibu yang sedang banyak profesi atau stress, Ibu yang sedang sakit, pompa ASI yang kurang lancar dan masih banyak lagi yang membikin ASI yang wajib keluar menjadi terbendung didalam payudara Ibu. Seandainya diperbolehkan, Ibu akan mengalami penyakit mastitis atau penyumbatan ASI yang bisa memunculkan infeksi payudara, untuk itu sebaiknya Ibu tak abai kepada jadwal menyusui.

 

Baca Juga : Cara Memperbanyak ASI

 

Untuk memecahkan ASI yang tersumbat bisa dipecahkan dengan sistem meningkatkan ASI, diantaranya:

 

1. Menyusui secara teraturSaat malam, pantasnya Ibu konsisten memberikan ASI padahal sesekali si kecil tak bangun pada malam hari, untuk itu pantasnya ibu menyediakan pompa ASI untuk diterapkan saat bayi tak bangun pada malam hari.

 

2. Meningkatkan produktifitas ASI Seandainya ASI yang dikeluarkan Ibu banyak, Ibu terpaksa semestinya mengeluarkan ASI hal yang demikian. Untuk meningkatkan ASI, konsumsi air putih, sayuran dan protein yang cukup yaitu solusi untuk hal ini. Kecuali itu, Ibu sebaiknya rileks saat menyusui supaya ASI bisa keluar dengan optimal.

 

3. Memberikan pijatan lembut pada payudara. Kadang, payudara Ibu sembab tetapi ASI tak dapat dikeluarkan, seandainya hal ini terjadi, kompreslah payudara mengaplikasikan air hangat lalu pijat dengan lembut supaya komponen payudara yang sembab menjadi lebih nyaman dan sembab pada payudara membaik.

 

ASI yang tersumbat bukanlah sebab terlalu banyaknya ASI pada Ibu, tetapi sebab kurangnya frekuensi saat menyusui. Karenanya dari itu, melaksanakan sistem meningkatkan ASI diatas akan membikin ASI yang dikeluarkan Ibu menjadi normal.

 

Artikel Terkait : Cara Cepat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *