Mesin Gerinda Alat Potong

Mesin Gerinda Duduk

Mesin Gerinda Alat PotongĀ 
Mesin gerinda variasi ini cuma dipakai untuk profesi presisi, merupakan untuk menajamkan (memacu) pelbagai variasi cutting tool seperti mata pahat bubut, mata bor dan lain-lain. Mesin ini juga dipakai untuk memperhalus (finishing) wujud silinder, internal, taper dan surface dari benda kerja yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Mesin gerinda alat potong, merupakan :

Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas potong seperti pisau frais, reamer dan sejenisnya. Kelengkapan mesin untuk pengasahan dapat diputar atau digeser cocok dengan wujud benda kerja yang diasah. Pada waktu pengasahan batu gerinda digerakkan dengan tangan lewat handelnya secara bolak-balik dan benda kerja diputar dengan tangan lewat kelengkapan pencapitnya. – Harga Bor Bosch

Mesin Gerinda Alat PotongĀ 
Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas potong seperti pahat potong mesin bubut dan pengasahan mata bor. Prinsip kerjanya merupakan benda kerja disupport ke arah batu gerinda yang sedang berputar. Mesinnya tak memiliki meja, melainkan bisa diganti dengan kelengkapan lainnya yang sudut-sudut derajatnya bisa digeser cocok dengan sudut-sudut pada benda kerja yang diasah.

Mesin Gerinda Tangan (Hand Grinding)
Mesin gerinda tangan ini yaitu variasi mesin gerinda dimana gaya pionirnya diteruskan dari engkol ke roda gerinda lewat transmisi roda gigi. Mesin gerinda ini yaitu mesin yang serba guna sebab bisa dipakai untuk menggerinda atau memotong benda logam, kayu, bahan bangunan, kaca dan juga bisa dipakai untuk memoles kendaraan beroda empat.

Dengan metode penerapan mesin dan mata yang pas kita akan bisa mengaplikasikan mesin gerinda tangan ini secara maksimal. Namun jangan lupa juga yang perlu kita amati merupakan keselamatan kerja.

Progres dalam melaksanakan penggerindaan merupakan benda kerja didekatkan dan ditempel ke roda gerinda yang berputar sampai permukaan benda kerja terkikis oleh roda gerinda. Kecuali untuk mengikis atau memacu, gerinda ini juga dapat dipakai untuk menempa atau membikin perkakas baru, seperti seumpama membikin pisau khusus buat meraut bambu, membikin obeng, membikin suku cadang mesin jahit atau alat tolong lainnya.

 

Artikel Lain : Pompa Air