Kebayoran Lama Utara Pesat dan Tanpa Pungli

Virtual Office – Beberapa warga yang mengurus pelayanan di kantor Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, mengukur pelayanan di sana berlangsung cukup pesat. Kecuali itu, warga mengaku tak ada pungli yang dikerjakan petugas kelurahan. Seorang warga yang mengurus surat nikah di kelurahan hal yang demikian, Hafiz mengatakan, pengalamannya sebagian kali mengurus surat dan berkas di kantor kelurahan ini umumnya berlangsung pesat.

“Aku lagi berkeinginan ngurus surat nikah. Biasaya cepet ya di sini, entar lagi paling aku maju,” ujar Hafiz. Dia menyatakan, selama mengurus surat atau berkas di kelurahan hal yang demikian tidak pernah dipungut tarif atau bebas tarif administrasi. “Dipungut kok, paling cuma seandainya beli materai dan lain-lain,” kata ia.

Gedung DPRD Seorang siswa SMA, Faqih, mengungakapkan hal senada. Faqih mengaku dirinya tak dipungut tarif dikala membikin kartu petunjuk penduduk. Pelayanannya malah diukurnya terbilang pesat. “Tadi saya datang enggak lama segera maju sih, ini baru pertama kali bikin e-KTP, nyaman juga pelayanannya,” kata Faqih. Warga Kebayoran Utara, Endang, yang sedang mengurus surat alamat di kelurahan ini mengatakan, wajib menunggu sekitar 20 menit untuk dilayani.

Dia ini dikarenakan dikala Dia datang petugas sedang rehat makan siang. “Tadi aku datang jam 13.00 kurang, jadi lagi rehat makan. Makanya agak kepotong, wajib nunggu lama dikit aku,” tutur Endang. Aku seperti itu, Endang yang adalah warga pindahan dari tempat Kalimantan itu mengukur, pelayanan di kelurahan ini lebih pesat dibanding tempat asalnya.

“Aku rasa di sini lebih pesat ya. Soalnya di kelurahan lama aku (tempat asal) ruangan juga kecil, petugas juga dikit, jadi agak lama,” ungkap Endang. Sempat mencoba membikin E-KTP dan menanyakan prosedur serta syarat. Semua selesai, petugas mengungkapkan tak ada tarif administrasi yang akan dikenakan.

” Di sini free Mbak, yang penting tadi persyaratannya komplit. DKI telah free kok, mungkin tempat lain di luar DKI belum,” ujar petugas hal yang demikian. Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyatakan bahwa ada warga yang mengadu sebab masih banyaknya pungutan liar di sebagian kantor kelurahan.

 

 

Artikel Lainnya : Sewa Kantor Murah Jakarta Selatan