Definisi Gerinda Duduk Untuk Industri

Serupa dengan mesin gerinda tangan, cuma saja posisi mesin gerinda dipasangkan pada dudukan.Untuk menjalankan penggerindaan, benda kerjadidekatkan dan ditempel ke roda gerinda yang berputar sampai permukaan benda kerja terkikis oleh roda gerinda.Roda gerinda yang diterapkan pada mesin gerinda duduk berukuran lebih tebal diperbandingkan roda gerinda pada mesin gerinda tangan.Mesin gerinda duduk banyak diterapkan untuk memacu pahat, mengikis benda kerja ataupun menghaluskan permukaan benda kerja sesudah pelaksanaan pengelasan.

Fungsi utama gerinda duduk yaitu untukmengasah mata bor, melainkan bisa jugadigunakan untuk memacu pisau lainnya,seperti memacu pisau dapur, golok, kampak,arit, mata bajak, dan perkakas pisau lainnya.Kecuali untuk memacu, gerinda duduk dapatjuga untuk menyusun atau membikin perkakasbaru, seperti membikin pisau khusus untukmeraut bambu, membikin sukucadang mesin jahit, membikin obeng, atau alat tolong lainnyauntuk reparasi turbin dan mesin lainnya.

Bagian-Bagian Mesin GerindaDuduk
Komponen badan mesin yang umumnya terbuat daribesi tuang yang mempunyai sifat sehagai peredamgetaran yang bagus. Fungsinya yaitu untukmenopang meja kerja dan menyangga kepalarumah spindel.

Komponen poros spindel yakni komponen yangkritis sebab seharusnya berputar dengan kecepatantinggi juga dibebani gaya pemotongan pada batugerindanya dalam berbagal arah.Komponen meja juga yakni komponen yang dapatmempengaruhi hasil kerja pelaksanaan gerinda karenadiatas meja inilah benda kerja dilelakkan melaluisuatu ragum maupun magnetic chuck yang dikencanukan pada meja ini.

a. Power Transmission
Power Transmission gerinda dilindungi oleh pelindung konsisten sebagai peredam sebagaiperedam getaran. Power Transmission gerinda berpa spindle.

b. Point Of Operation
Point Of Operation gerinda ini yakni komponen mesin yang dirancang untuk memacu ataurnengikis benda kerja.

c. Pelindung yang Bisa Ditentukan
Pelindung ini yaitu safety glass, di manadirancang untuk melindung komponen atas badanpekerja seperti komponen wajah dari percikan api

d. Heavy wheel guard
Heavy wheel guard bertujuan untuk melindunggerinda pada ketika berputar dan merupakanpelindung konsisten.

e. Meja Benda
Meja benda bertujuan untuk membatasi bendapada ketika penggerindaan dan mempengaruhihasil dan penggerindaan.

 

 

Kunjungi Juga : https://www.teknikmart.com/kompresor-angin-dan-perlengkapan.html