7 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Otak Lebih Cerdas Lagi

7 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Otak Lebih Cerdas Lagi

Pelatihan Otak – Apakah kau pernah tak jarang lupa sedangkan baru saja dilaksanakan, contohnya lupa dimana terakhir menyimpan kunci kamar, kunci kendaraan, kacamata, atau lupa mengingat kenalan baru sedangkan cuma hitungan menit yang lalu berkenalan.

Sekiranya kau mengalami situasi seperti itu, kau semestinya mulai memberi perhatian khusus ke fungsi otak kau.

Selaini itu, penelitian yang dilaksanakan oleh Archana Singh-Manoux kepada 10.308 partisipan menyuarakan fungsi kognitif otak akan menunjukkan pertanda-pertanda mengalami perlambatan pada umur kaprah-kaprah 45 sampai 49 tahun.

Tetapi, hakekatnya belum ada pengujian ilmiah yang pasti mengenai kapan otak manusia akan stop berkembang.

Ada bagusnya sebelum terjadi kemunduran fungsi otak, kita menjalankan upaya pencegahan sedini mungkin.

Berikut sebagian kesibukan yang bisa meningkatkan fungsi otak :

1. Olahraga

Kontek olahraga disini tak mesti yang olahraga berat, tapi dengan jalan kaki kencang selama 15 menit, 3 kali seminggu, diandalkan bisa meningkatan fungsi otak sampai 15%. Mereka akan lebih kapabel membikin koneksi, melakukan beraneka tugas dan mengesampingkan gangguan.

Kecuali itu, studi juga menemukan bahwa aerobik selama 45 menit, 3 kali seminggu, performa mental meningkat hingga 25%. Olah raga bukan cuma meningkatkan pertumbuhan sel-sel syaraf baru di dalam otak, juga mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak untuk membuatnya lebih cerdas.

Seorang dokter, Sophia B Hage, SpKO dari Sport Medicine Recident University of Indonesia menyuarakan sebagian manfaat yang signifikan dengan menjalankan olahraga kepada peningkatan fungsi otak seperti meningkatkan energi ingat, menuntaskan depresi, mengurangi stres, memperlancar suplai BDNF, dan meningkatkan sensitivitas kepada insulin.

 

2. Bermain Teka-Teki Silang

Berdasarkan professor dari Universitas Exeter, Inggris, Keith Wesnes, menyuarakan orang-orang yang rajin mengisi teka-teki silang mempunyai otak 10 tahun lebih muda dibandingi umur hakekatnya.

Permainan ini memacu otak dan rupanya memengaruhi fungsi kognitif sehingga memperlambat situasi kepikunan. Kecuali teka-teki silang, sudoku, scrabble, dan Bingo bisa dibuat opsi dalam mempertajam fungsi otak kita.

Dengan bermain permainan di atas diandalkan akan menguji banyak kosentrasi, pola pengenalan dan kecepatan dalam menghadapi ketegangan. Dan, ini yakni keterampilan yang membikin otak konsisten tajam.

 

3. Rehat Siang

Tidur siang diandalkan bisa meningkatkan kapasitas otak, malah lebih bagus sebelum tak tidur. Berdasarkan studi dari Universitas of California, Barkeley, AS, ketika tidur terjadi aktifitas memindahkan kabar dari hipokampus ke dalam penyimpanan ingatan yang lebih permanen, ialah korteks. Dikala bangun, Hipokampus siap mendapatkan lebih banyak kabar.

PubMed menyuarakan hasil studi yang menampilkan bahwa 5-10 menit tidur siang jauh lebih bagus ketimbang yang tak tidur siang, tidur siang diandalkan bisa meningkatkan kecakapan kognitif dan efisiensi kerja.

 

4. Meditasi

Meningkatkan kecerdasan otak tak cuma dapat dilaksanakan dengan belajar dan memacu kecakapan otak. Meningkatkan kecerdasan otak juga dapat dilaksanakan dengan meditasi.

Sebetulnya meningkatkan kecerdasan otak dengan meditasi yakni sistem tradisional yang sudah lama dipakai. Tetapi meningkatkan kecerdasan otak dengan meditasi terbukti betul-betul tepat sasaran dan berguna bagi peningkatan kecerdasan otak itu sendiri.

Penelitian lainnya, Frontiers in Human Neurosciens Journal juga menceritakan bahwa sebagian teknik meditasi bisa meningkatkan konsentrasi, fokus dan kecerdasan otak.
Ketenangan yang didapatkan dari meditasi diandalkan bisa mengusir stress dan kecemasan, yang bisa mengurangi muatan otak dan bisa beraktifitas lebih maksimal.

 

5. Menulis dengan Tangan

Menulis dengan tangan diandalkan akan mengaktifkan banyak komponen otak dibandingi mengetik. Kecuali itu dengan menulis, gerakan tangan yang aktif akan membikin kita gampang mengingat.

Terbukti menulis dengan tangan diandalkan bisa meningkatkan fungsi otak, antara lain mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan, meningkatkan kreatifitas, kecakapan kognitif, dan ingatan.

 

6. Diamkan Pikiran

Mendiamkan pikiran berarti mengistirahatkan otak sementara untuk tak berprofesi. Para peneliti dari Tohoku University, Jepang menyuarakan adanya aktifitas otak di komponen ganglia dasar saat kita mengistirahatkan otak dari tugasnya

 

7. Memperluas Persahabatan

Berkenalan dengan orang-orang baru akan membikin otak sibuk menghasilkan input, merekam, dan menaruh segala kabar mengenai situasi kenalan baru hal yang demikian. Dari hal simpel seperti ini, hakekatnya kita sudah memacu otak.

 

Baca Juga: perkembangan motorik