Pengertian Mesin Gerinda Untuk Memotong

Mesin gerinda yaitu suatu alat yang ekonomis untuk menciptakan permukaan yang halus dan bisa menempuh ketelitian yang tinggi. Mesin Gerinda adalah salah satu variasi mesin perkakas dengan mata potong jamak, dimana mata potongnya berjumlah sungguh-sungguh banyak yang diterapkan untuk memacu/memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda yaitu batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi erosi, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

1.Gerinda Tangan
Mesin gerinda tangan adalah mesin yang berfungsi untuk menggerinda benda kerja.Mulanya mesin gerinda cuma dimaksudkan untuk benda kerja berupa logam yang keras seperti besi dan stainless steel.Menggerinda bisa bertujuan untuk memacu benda kerja seperti pisau dan pahat, atau bisa juga bertujuan untuk menyusun benda kerjaseperti menata hasil pemotongan, menata hasil las, menyusun lengkungan pada benda kerja yang bersudut, menyiapkan permukaan benda kerja untuk dilas, dan lain-lain.

Mesin Gerinda didesain untuk bisa menciptakan kecepatan sekitar 11.000 – 15.000 rpm.Dengankecepatan hal yang demikian batu gerinda yang adalah komposisi alumunium oksida dengan kekasaran serta kekerasan yang pantas, bisa menggerus permukaan

logam sehingga menciptakan format yang diharapkan.Dengan kecepatan hal yang demikian juga, mesin gerinda juga bisa diterapkan untuk memotong benda logam dengan memakai batu gerinda yang dikhususkan untuk memotong.

Pada biasanya mesin gerinda tangan diterapkan untuk menggerinda atau memotong logam, namun dengan memakai batu atau mata yang pantas kita juga bisa memakai mesin gerinda pada benda kerja lain seperti kayu, beton, keramik, genteng, bata, batu alam, kaca, dan lain-lain. Namun sebelum memakai mesin gerinda tangan untuk benda kerja yang bukan logam, perlu juga dipastikan supaya kita mengaplikasikannya secara benar sebab pengaplikasian mesin gerinda tangan untuk benda kerja bukan logam biasanya mempunyai resiko yang lebih besar.

Namun sebelum memakai mesin gerinda tangan untuk benda kerja yangbukan logam, perlu juga dipastikan supaya kitamenggunakannya secara benar, karenapenggunaan mesin gerinda tangan untuk bendakerja bukan logam biasanya mempunyai resikoyang lebih besar.Untuk itu kita perlumenggunakan kelengkapan keselamatan kerjaseperti pelindung mata, pelindung hidung(masker), sarung tangan, dan juga perlumenggunakan handle tangan yang biasanyadisediakan oleh mesin gerinda. Tak semuamesin gerinda tangan menyediakan handletangan, sebab mesin yang tak menyediakanhandle tangan lazimnya tak dianjurkan untukdigunakan pada benda kerja non-logam.

 

Artikel Lainnya : https://www.teknikmart.com/mesin-perkebunan-dan-pertanian/mesin-perkebunan/potong-kayu.html