Mau Meningkatkan Kepintaran Otak Secara Maksimal? Simak Informasi Berikut

Mau Meningkatkan Kepintaran Otak Secara Maksimal? Simak Informasi Berikut

cara meningkatkan konsentrasi – Meski otak kanan (non-lisan), pemikirannya kerap dianggap sebagai lebih ‘kreatif,’ hakekatnya sih pendapat itu tak benar dan salah salah. Cuma saja, ada dua metode berdaya upaya yang berbeda. Intinya, satu tak lebih bagus ketimbang yang lain.

Hal yang penting yaitu menyadari bahwa ada metode berdaya upaya yang berbeda, mengenal apa preferensi alamiah kau, dan apabila hal itu sungguh-sungguh lisan (otak kiri) ketimbang visual (otak kanan).

Kau perlu terbuka untuk mencoba pendekatan baru di luar dominan otak kau, sehingga melibatkan kedua belahan otak. Jadi, bukan berarti belahan otak kanan lebih penting ketimbang belahan otak yang kiri, maupun sebaliknya.

Satu hal yang perlu kita ingat bahwa hasil otak kanan untuk menjadi yang sepertinya inspirasi jenius, kreatif, imaginasi, pandangan baru, perlu ditindaklanjuti oleh pemikiran kritis otak kiri yang benar-benar kritis, bukan sekedar cuma berdaya upaya awam seperti kau berdaya upaya sehari-hari, sehingga mewujudkan karya yang gemilang.

Sehingga kedua-duanya sungguh-sungguh penting, sebab itu keduanya sepatutnya dioptimalkan secara setara dan sengaja, supaya fungsi masing-masing belahan berjalan saling menguatkan.

Jikalau cuma terkonsentrasi pada salah satu belahan otak, karenanya belahan yang kurang berkembang akan terhambat dan tak berkembang dalam melaksanakan fungsinya.

Seseorang akan menjadi miskin kreativitas jikalau dia lebih banyak distimulus untuk mengaplikasikan belahan otak kirinya saja, tapi seseorang tak bisa dikatakan kreatif ketika ia mengaplikasikan cuma otak kanan saja. Sebab, sesuatu hal yang dikatakan kreatif cuma dikala dilaksanakan atau dieksekusi. Seperti kerja yang dilaksanakan oleh otak kiri.

Sebaliknya, apabila fungsi belahan otak kanannya yang “katanya” lebih acap kali diaplikasikan (dominan) karenanya tak ada perbuatan atau action seperti yang sudah diceritakan diatas tadi dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi masalahnya bukan pada otak kanan, atau otak kiri yang lebih hebat. Melainkan bagi mereka yang dominan otak kiri, supaya mengaktifkan juga belahan otak kanan dalam berprofesi, berdaya upaya atau beraktifitas, demikian juga sebaliknya.

Lebih ringkasnya yaitu jikalau belahan otak yang lebih lemah dilibatkan untuk berprofesi secara beriringan dengan belahan yang telah aktif, karenanya akan tercipta kecakapan dan efektifitas otak yang 5 sampai 10 kali lebih tinggi dari sebelumnya.

Hampir tiap-tiap waktu, kedua belahan otak kita aktifPenelitian selanjutnya menurut penemuan kreatif Roger W. Sperry, dilaksanakan oleh Jerry Levy, PhD, (1995) dari University of Chicago, menegaskan bahwa kedua komponen otak kita terlibat hampir dalam tiap-tiap kesibukan dan waktu.

Hal ini dapat dibeberkan tes penerapan PET (Positron Mission Tomography) pada seseorang yang sedang berdaya upaya & berkegiatan. Di layar terlihat kedua belahan menampakkan kesibukan otak yang sedang terjadi.

Sehingga mengapa pakar neuroscience kini telah tak mengaplikasikan pembagian berdasarkan dua belahan otak kiri & otak kanan. Alasannya sebab terlalu menyederhanakan, dan berpotensi memberikan arti yang salah.

Sesungguhnya apa saja yang kau lakukan, berdiskusi semisal, kau senantiasa mengakses otak kanan & otak kiri. Figur: ketika memperdengarkan seseorang berdiskusi, hal ini mengaktifkan otak kiri (pengertian berbahasa), berdasar pengetahuan yang kita temukan selama ini, komponen kiri memproses kata-kata, definisi dan bahasa.

Nah, pada ketika seperti ini, penelitian terupdate dari Neuroscience, menandakan bahwa belahan otak kanan juga aktif untuk memproses, modulasi nada, tempo dan volume dari komunikasi hal yang demikian. Faktor yang hakekatnya, lebih penting dari kata-kata itu sendiri.

Pakai semaksimal mungkin kedua belah otak KauSingkat kata: kita mengaplikasikan kedua belah sisi otak pada hampir tiap-tiap waktu.

Sebenarnya tak mungkin kita bisa menghentikan salah satunya sama sekali. Sesudah kau membaca artikel ini malah, ketika ini pula otak kau terus berdaya upaya dan membandingi data yang sebelumnya ada dan kau kenal dalam otak kau dengan artikel  yang baru kau baca ini.

Dan otak kau terus berdaya upaya malahan dikala kau tak menyadarinya. Memang otak kita berprofesi semacam itu banyak di luar kesadaran kita.

Latihan otak kiri dan otak kanan

1. Pattern Game

Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, kearah dalam, luar, atas dan bawah.

Kecuali bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga bisa menggali potensi visual.Cobalah permainan ini selama 2 menit tiap-tiap hari, minimal 14 hari berturut-ikut.

 

2. Eight Game

Pura-puralah menulis angka delapan tidur atau simbol di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama.

Permainan simpel ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskan permainan ini sesudah sarapan, selama 2 menit tiap-tiap hari.

 

3. Thumb Game

Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri.

Permainan simpel ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskan permainan ini bersama sahabat-sahabat sesudah makan siang, selama dua menit tiap-tiap hari.

 

4. Specific Posturing

Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakan dan tangan kiri diluruskan ke depan.Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara awam dan otak kanan secara khusus.
Cobalah posisi ini selama 10 menit tiap-tiap hari, minimal 14 hari berturut-ikut.

 

5. Specific Crawl

Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan.

Idealnya, siku tangan meraba lutut. Iringi pula dengan nyanyian unggulan. Kecuali bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga bisa membikin pikiran terbuka kepada hal-hal baru.

Cobalah gerakkan ini selama 10 menit tiap-tiap hari, minimal 14 hari berturut-ikut.

 

Sumber: https://www.brainfit.co.id/