Banyak Perusahaan Media Masih Diminati Para Pencari Kerja

media company

Dari ribuan lowongan kerja yang disediakan 112 perusahaan peserta Job Fair Nasional 2015, banyak di antaranya yang disediakan oleh perusahaan media massa. Peminat profesi di media massa malahan rupanya masih tinggi.

Contohnya yang kelihatan di booth. Booth yang dibuka pada pukul 08.00-16.00 ini dipadati ratusan pengunjung bursa kerja freelance. Mereka berupaya menerima satu titik pada lowongan reporter dan account executive.

Lina Fitria yaitu salah satu job seeker yang melamar untuk posisi reporter. Alasannya, ia mempunyai pengalaman dalam dunia kewartawanan.

“Selama kuliah aku punya pengalaman magang sebagai reporter selama dua bulan. Asyik dan mengasyikan aja sebab kerjanya tak cuma di dalam ruangan, tetapi dapat keluar. Jadi enjoy aja kerja sebagai reporter,” ujar Lina terhadap di jeda-jeda acara Job Fair Nasional 2013 di Hall C JIExpo, Kemayoran, Jakarta Sentra.

Alternatif Lina atas bidang ini juga didasari kesukaannya bepergian dan mempunyai banyak kenalan. Perempuan yang baru lulus kuliah pada Juli 2013 itu mengaku, cuma melamar.

“Aku pengen aja, sedangkan tadinya aku berkeinginan di media layar kaca. Melainkan kini di mana aja aku ambil, buat pengalaman dan agar tak terlalu lama nganggur, sebab aku baru lulus,” ungkap cewek tamatan IISIP itu sambil mengakak.

Meskipun sempat berminat dengan media elektronik di layar kaca, gadis kelahiran Jakarta, 8 Mei 1991 itu lebih berminat lagi dengan media online dengan alasan melodi kerja yang pesat dan cermat. Info di media online disiarkan segera dari lapangan ketika itu juga.

Sarjana ilmu jurnalistik itu mengimbuh, apabila diterima, ia akan memilih kanal entertainment.

“Soalnya lebih nikmat aja, tautan-nya malahan banyak. Sekiranya di politik aku kurang beratensi,” tutupnya.

Sementara itu, Mimi Marshella melamar sebagai Account Executive (AE). Posisi ini cocok pengalamannya sebagai marketing officer. Mimi juga mengaku, mempunyai pengalaman sebagai pembantu editor di sebuah majalah selama satu tahun.

“Kecuali itu, aku melamar sebagai AE sebab menyenangi berinteraksi dengan orang lain dan travelling. Aku menyenangi berprofesi di media sebab cocok dengan background kuliah aku,” ujar Mimi.

Kecuali itu, ia memilih melamar AE sebab terjamin dari semua hal. Apalagi, berada di bawah naungan Grup MNC.