Tidak Nyaman dengan Dapur Terbuka?

Harga plafon rumah yang relatif tinggi menyebabkan pasangan baru –pembeli rumah pertama- membidik rumah kecil yang luas bangunannya cuma 36m2 sampai 45m2.

Di kawasan perbatasan Jakarta dan kota-kota besar, seperti Tangerang, seumpama, harga rumah variasi ini lazimnya dijual mulai Rp350 jutaan.

Kriteria lain dari variasi ini merupakan lahan dibagi menjadi dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tetamu, taman depan dan belakang, serta carport. Lalu di mana dapur?

Dapur biasanya diletakkan berbarengan dengan taman belakang sehingga konsepnya memang dibolehkan terbuka alias tanpa atap. Material yang ada di dapur mencakup kitchen sink dan keran air saja.

Pada sebagian kasus, pengembang perumahan baru memberikan tawaran terhadap calon pembeli untuk menutup dapur dengan atap.

Tapi ada tarif tambahan yang dikenakan untuk profesi ini, berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 jutaan.

Apabila berharap, pengembang akan lantas menjalankan profesi tambahan ini. Tapi apabila berniat menjalankannya sendiri, ada sebagian aspek yang perlu dicatat dalam “anggaran beli rumah baru”.

Sebab dapur terbuka yang dirasa tak nyaman, Banyak orang merubah zona ini menjadi zona tertutup. Meskipun, zona taman bermanfaat untuk mengembangkan peredaran udara.

Dapur terbuka tak sepenuhnya buruk. Apabila pemilik berharap berkreasi, dapur dengan konsep ini dapat dipegang layak harapan pun dapat tampil lebih menawan ketimbang dapur di dalam rumah.

Ingin tahu apa saja dokumen yang semestinya diurus dalam pengerjaan pembelian rumah? Simak lebih lengkapnya di Tutorial Rumah.com.

Apabila tak punya pandangan baru untuk membuatnya nampak menarik sebagai ruang vital di rumah, model desain di bawah ini cocok dicontoh.

apakah cukup dengan kanopi atau ditutup hampir seluruhnya dengan genteng. Seandainya bujet minim melainkan keperluan untuk menutup dapur dirasa mendesak, karenanya kanopi boleh menjadi pilihan pertama.

Untuk material kanopi, polycarbonate plafon minimalis rumah yakni ragam yang termurah dan punya tenaga bendung cukup bagus kepada panas sang surya.

Kedua, sebab dapur menjadi satu dengan taman belakang, karenanya sebaiknya tak menutup zona ini sepenuhnya. Sisakan setidaknya 1/4 zona atap untuk peredaran udara bagi dapur yang ditutup dengan plastik fiber.

Posisi atap fiber ini sebaiknya berada ideal di atas taman, sehingga jikalau air hujan tampias tak akan membasahi lantai dapur. Fiber juga bermanfaat untuk memasok sinar natural bagi dapur.

Ketiga, jikalau mengharapkan konsep semi terbuka pada dapur sekalian zona taman, karenanya tembok pembatas belakang rumah semestinya dilengkapi keamanan lebih.

Dapat dengan pecahan botol kaca yang dibentuk sepanjang tepi tembok atau dengan kawat berduri.