Sains dan Teknologi dari Kota Kelahiran Filsuf

Kunjungan kerja Gubernur NTB Zulkieflimansyah atau Zul bersama rektor 6 Universitas di Mataram ke Polandia dan Republik Ceko, membawa pulang sejumlah kesepakatan kerja sama bidang pengajaran dan pemerintahan. – st monica school Jakarta

Kesepakatan antara Pemprov NTB dengan Pemprov Kujawsko-Promorskie Polandia untuk menyusun kerja sama sister city atau sister province (kota atau provinsi kembar) ke depannya. Kerja sama itu akan dijadikan dalam investasi dan bisnis, beasiswa pengajaran, pertukaran pelajar dan pekerja, seni dan kebudayaan sampai pembelajaran musik.

“NTB mempunyai banyak potensi sebagaimana Polandia, lebih-lebih Provinsi Kujawsko-Pomorskie, mulai destinasi tamasya desa kuno sebagaimana desa-desa adat di Lombok dan Sumbawa, sampai sektor pertanian, dan bioenergi. Semoga seketika terealisasi kolaborasi konkret antara NTB dengan provinsi di negara Polandia,\\\”

Sementara itu, Gubernur Piotr Calbecki mengatakan, kunjungan rombongan asal NTB ini menjadi peristiwa tidak ternilai. Dan tentunya kunjungan itu akan membuka bermacam-macam kesempatan kerja sama atau kolaborasi antara dua provinsi di bermacam-macam sektor bisnis dan industri, termasuk juga pengajaran.

Gubernur Piotr Calbecki menyuarakan, bahwa siap mengundang 4 buah hati muda terbaik NTB untuk magang di kantornya selama 1 bulan cuma-cuma di Brussels Belgia di Sentra Uni Eropa (UE). Kecuali itu ia berkeinginan, buah hati-buah hati muda NTB mengerti bagaimana mereka berprofesi serta bagaimana NTB sebagai provinsi dapat mengakses bantuan dana UE untuk pembangunan dan perubahan di NTB.

Gubernur Calbecki juga mengundang guru-guru SD dari NTB untuk datang ke Torun menyaksikan guru-guru disana mengajari Matematika, Sains, dan Teknologi dengan metode yang menyenangkan. Sehingga tiga mata pembelajaran itu tak lagi jadi momok di sekolah.

Kecuali itu, Gubernur juga mengundang buah hati-muda muda NTB untuk belajar Leadership di Summer Camp dikala Musim Panas di kota kelahiran filsuf sekalian astronom Nicolaus Copernicus itu.

Di bidang seni tradisi, undangan juga terbuka bagi kelompok sosial penggiat seni ataupun budayawan NTB untuk menggelar acara seni tradisi di Polandia. Sementara sebab Torun sungguh-sungguh familiar atas pianis-pianis tingkat dunia, karenanya Gubernur Calbecki mengajak para pianis NTB untuk belajar di Torun.