Lima Tata Letak Dapur Komersial Terbaik: Cara Memilih Desain Anda

Ada lima tata letak dapur yang umum digunakan di sebagian besar dapur komersial: jalur perakitan, pulau, gaya zona, dapur, dan dapur terbuka. Masing-masing memiliki manfaat unik tergantung pada gaya restoran yang ingin Anda buka, jenis makanan yang Anda masak, dan jumlah ruang yang memungkinkan bangunan Anda untuk ruang dapur.

Tata letak jalur perakitan

Tata letak linier ini dimulai dengan persiapan makanan dan menuruni garis lurus, berpuncak pada area tempat Anda menyajikan makanan kepada pelanggan. Tata letak ini paling kondusif untuk restoran cepat saji atau dapur dengan menu terbatas di mana kecepatan dan efisiensi menjadi fokus utama dari sudut pandang layanan.

Tata letak ini sederhana dan memudahkan saluran komunikasi dalam proses pembuatan makanan dari awal hingga akhir.‚Äč

Tata letak pulau

Jika ruang berlimpah di dapur Anda, tata letak pulau mungkin paling cocok untuk Anda. Desain ini menonjolkan bagian proses pembuatan makanan di tengah dapur dengan semua stasiun lainnya diposisikan di sekitarnya.

Pengaturan ini meningkatkan fokus pada proses pembuatan makanan dan memungkinkan komunikasi yang mudah dengan stasiun pembuatan makanan di tengah, menjadi titik pusat untuk semua komunikasi. Ini paling kondusif untuk restoran dengan menu yang lebih beragam dan beragam hidangan yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak daripada toko sandwich cepat saji atau restoran cepat saji Anda.

Cek Juga: Ghost Kitchen

Tata letak bergaya zona

Desain ini mengkategorikan setiap jenis persiapan makanan dan proses pembuatan serta menetapkan zona khusus untuk itu. Pikirkan dapur yang memiliki stasiun salad, stasiun penggorengan, dan stasiun pizza atau sup yang tersebar di seluruh dapur. Tata letak ini memungkinkan berbagai hidangan yang berbeda dibuat pada satu waktu dan membuat dapur Anda teratur dengan membagi tanggung jawab pembuatan makanan daripada proses garis lurus.

Ini paling cocok untuk dapur yang lebih besar dengan beragam menu seperti hotel, stasiun katering, atau memasak untuk acara besar. Ini bukanlah sesuatu yang harus coba diterapkan oleh restoran kecil dengan ruang terbatas.

Tata letak dapur

Tata letak dapur menyebar berbagai stasiun di dapur Anda di sekeliling ruangan, bukan di tengah. Ini cocok untuk dapur dengan ruang terbatas karena sebagian besar alat berat ditempatkan di satu atau dua dinding dapur yang panjang dan menciptakan ruang yang cukup bagi staf Anda untuk bergerak dengan nyaman tanpa menghalangi satu sama lain. Pintu masuk dan keluar dapur biasanya terletak berseberangan dengan peralatan yang digunakan untuk membuat makanan Anda.

Tata letak dapur terbuka

Tata letak dapur terbuka mungkin merupakan desain yang paling unik, dan tujuan dapur terbuka biasanya untuk memberikan pengalaman bersantap unik yang tidak akan Anda dapatkan dan kebanyakan restoran tradisional lainnya. Makanan disiapkan baik secara langsung di depan atau di dekat ruang makan tamu. Meskipun bijaksana untuk menyimpan semua peralatan memasak yang membutuhkan panas tinggi pada jarak yang aman dari tamu Anda, gaya dapur ini menghadirkan pekerjaan di belakang layar ke panggung utama dan membawa elemen hiburan ke dalam pengalaman bersantap. Jumlah ruang yang sehat diperlukan untuk melakukan format dapur terbuka.

Kunjungi Juga: Cloud Kitchen