Mengenal Bisnis Pertanian Ubi dengan Stek

Menjadi salah satu tanaman yang paling sering dijumpai di Indonesia, ubi memiliki berbagai jenis varietas yang kerap dibudidayakan hampir di semua daerah. Salah satu jenis dari ubi yang populer dan mungkin sering Anda temui adalah ubi jalar dan juga ubi kayu. Kedua jenis ubi tersebut cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia karena mudah untuk ditanam serta dijumpai di pasar. Selain itu, manfaat yang diberikan dari tanaman yang satu ini sangatlah banyak dan juga menjadi bahan baku berbagai produk pangan yang diminati oleh masyarakat. 

Kunjungi Juga : Twitter Crowde

Hal tersebut membuat budidaya ubi di Indonesia seakan menjadi salah satu opsi yang bisa Anda jadikan bisnis pertanian. Pembudidayaan ubi sendiri bisa menjadi efektif karena cocok dengan cuaca di Indonesia. Selain itu, salah satu cara paling efektif dari pembudidayaan ubi adalah stek. Berikut ini adalah ulasan cara mudah untuk berbisnis pertanian ubi dengan cara stek.

Berita Pilihan Dari : Crowde Membangun Bangsa

Pemilihan bibit

Ketika membicarakan tentang bisnis pertanian dengan melakukan budidaya, pemilihan bibit unggul tentu menjadi salah satu hal yang perlu untuk Anda pahami, apalagi jika ingin mengembangkan tanaman tersebut dengan metode stek. Pada umumnya, bibit ubi jalar bisa diperoleh dari stek pucuk dengan ukuran 20 hingga 25 cm. Stek tersebut umumnya diambil dari tanaman indukan yang sudah berumur lebih dari dua bulan. 

Penyiapan lahan

Setelah pemilihan bibit yang tepat, persiapan tentu menjadi hal selanjutnya yang harus Anda lakukan. Hal ini bertujuan agar ubi yang akan ditanam tidak akan tergenang oleh air dan dapat memiliki aerasi yang baik. Ada baiknya jika Anda mengistirahatkan dulu lahan yang akan digunakan selama dua minggu sebelum akhirnya siap untuk ditanami ubi.

Cara tanam

Hal selanjutnya adalah cara tanam. Bagi Anda yang baru dalam dunia bisnis pertanian, bukan hal asing jika masih sering melakukan banyak kesalahan dalam proses penanaman yang baik dan benar. Untuk itu, mengumpulkan berbagai informasi dari buku maupun ikut kelas cara budidaya sangat penting bagi Anda. Ketika membahas budidaya ubi dengan cara stek, Anda bisa menanam bibit dengan mengurangi jumlah daun untuk menekan penguapan yang nantinya akan terjadi. Stek pun harus ditanam secara miring di atas guludan dan berilah jarak antar tanaman yang satu dengan yang lainnya. – Crowde

Sumber Artikel : https://blog.crowde.co/mengenal-bisnis-pertanian-ubi-dengan-stek-part-1/